Selasa, 19 Oktober 2010

BENTUK KOMUNIKASI (KARAKTERISTIK DAN PERBEDAANNYA)



A.  Komunikasi organisasi

 Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang seifat hubungannya saling bergantung satu sama lain (the flow of message within a network of interdependent relationship).

 Karakteristik komunikasi oganisasi

      1.      terjadi komunikasi vertical

2.      terjadi komunikasi horizontal

3.      komunikasi dapat terjadi secara satu arah maupun dua arah

4.      ada pembagian tugas dan peran yang jelas

5.      umumnya memiliki peserta yang banyak

6.      ada peraturan yang sifatnya mengikat 

  

Tabel.1 Perbedaan Komunikasi Kelompok dan Komunikasi Organisasi


Komunikasi kelompok

Komunikasi organisasi

Bersifat informal

Bersifat formal

Pembagian tugas kurang jelas

Ada pembagian tugas yang jelas, hierarki

Walaupun ada pembagian tugas, biasanya komunikasi kelompok melibatkan seluruh anggota dalam menyuarakan pendapat, tidak terlalu melihat posisi

Komunikasi bersifat birokrasi,

Saling bergantung satu sama lain

Tidak mengikat

Mengikat

Untuk tujuan jangka pendek

Untuk tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang

Mengenal satu sama lain, secara personal

Lebih mengenal seseorang berdasarkan peran atau posisinya, sehingga sering terjadi dalam komunikasi organisasi perkataan manajer lebih didengar daripada perkataan karyawan biasa

Ada norma yang dibuat dan diakui bersama

Ada peraturan yang dibuat satu orang atau orang tertentu dan sifatnya memaksa, ada konsekuensi besar yang harus diperoleh apabila melanggar

  








B.  Komunikasi massa/mass communication

 Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audiens yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak, cepat, dan pada waktu yang sama.

Karakteristik komunikasi massa:

1.      Ditujukan kepada khlayak luas, heterogen, anonim, tersebar, dan tidak saling mengenal batas geografis-kultural

2.      Berdifat umum, bukan perorangan atau pribadi. Kegiatan penciptaan pesan melibatkan orang banyak dan terorganisasi

3.      Pola penyampaian bersifat cepat dan tidak terkendala oleh waktu dalam menjangkau khlayak yang luas

4.      Penyampaian pesan cenderung satu arah

5.      Kegiatan komunikasi terencana, terjadwal, dan terorganisai

6.      Penyampaian pesan bersifat berkala, tidak temporer

7.      Isi pesan mencakup berbagai aspek kehidupan manusia

8.      Sekumpulan orang yang dimuat komunikator dan komunikan tidak mengenal

9.      Kumpulan orang-orang yang tidak sama latar belakangnya

0 komentar:

Posting Komentar