Selasa, 19 Oktober 2010

Perbedaan Bentuk Komunikasi













Komunikasi Interpersonal

Komunikasi Kelompok

Komunikasi Organisasi

Bersifat informal

Bersifat informal

Bersifat formal

Tidak ada pembagian tugas

Pembagian tugas kurang jelas

Ada pembagian tugas yang jelas, hierarki

Komunikasi melibatkan seluruh pihak yang terlibat

Komunikasi terjadi secara tidak disengaja

Walaupun ada pembagian tugas, biasanya komunikasi kelompok melibatkan seluruh anggota dalam menyuarakan pendapat, tidak terlalu melihat posisi

Komunikasi bersifat birokrasi,

Saling bergantung satu sama lain

Tidak mengikat

Tidak mengikat

Mengikat

Tidak jelas tujuannya, tergantung komunikator, komunikan, atau aspek lain yang memengaruhi

Untuk tujuan jangka pendek

Untuk tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang

Mengenal satu sama lain, terjadi hubungan personal dan batin yang sangat erat

Mengenal satu sama lain, secara personal

Lebih mengenal seseorang berdasarkan peran atau posisinya, sehingga sering terjadi dalam komunikasi organisasi perkataan manajer lebih didengar daripada perkataan karyawan biasa

Tidak ada norma yang diakui bersama, komunikasi dipengaruhi oleh pengalaman dan latar belakang budaya masing-masing peserta komunikasi

Ada norma yang dibuat dan diakui bersama

Ada peraturan yang dibuat satu orang atau orang tertentu dan sifatnya memaksa, ada konsekuensi besar yang harus diperoleh apabila melanggar






















Tabel Perbedaan Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Kelompok, dan Komunikasi Organisasi

0 komentar:

Posting Komentar